Pemerintahan

.

Mengenal Sejarah Pemerintahan Kecamatan Palupuh

Mengenal Sejarah Pemerintahan Kecamatan Palupuh

Suluahnagari.com --- Kecamatan Palupuh dahulunya merupakan bagian dari wilayah Tilatang Kamang yang mana Kepala Wilayahnya (Asisten Wedana) berkedudukan di Pekan Kamis. 

Palupuh cukup lama memperjuangkan status untuk mendapatkan Kecamatan sendiri, terlepas dari Kecamatan Tilatang Kamang. Perjuangan dari masyarakat Tujuah Lurah Koto Rantang ini dimulai semenjak tahun 1956, melalui DPRD dan Bupati Agam. Namun hal ini ternyata tidaklah mudah.

Baru di tahun 1967 di Palupuh ditempatkan kantor perwakilan Kecamatan Tilatang Kamang. Jadi pada tahap pertama baru diakui status perwakilan kecamatan, tidak lama kemudian pada tahun 1982 statusnya ditingkatkan menjadi kecamatan penuh, berdiri sendiri, sama dengan Kecamatan-kecamatan lainnya di kabupaten Agam.

Pada saat itu kecamatan Palupuh memiliki 4 Kenagarian yaitu ;

1. Kenagarian Koto Rantang
2. Kenagarian Pasia Laweh
3. Kenagarian Nan Tujuah
4. Kenagarian Pagadih

Ditahun 2023 kemarin terjadi pemekaran nagari, yaitunya Nagari Nan Tujuah dan Nagari Nan Limo. Hingga saat ini terdapat 5 Nagari di Kecamatan Palupuh.

Kecamatan ini memiliki luas 237,08 kilometer persegi. Sebelah utara berbatas dengan Kabupaten Pasaman, sebelah selatan dengan Kecamatan Tilatang Kamang, sebelah barat dengan Kecamatan Palembayan sebelah timur dengan Kabupaten Limapuluh Kota.

Secara umum Kecamatan Palupuh berada di atas ketinggian 756 mdpl. Dengan jenis pekerjaan masyarakatnya kebanyakan sebagai petani dan pedagang.

Ibukota dan pusat pemerintahan kecamatan ini berada di Palupuh dalam Nagari Pasia Laweh.

(iing chaiang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama